Jumat, 03 Januari 2014

Cara Memasang Meta Description Agar Lebih SEO di Blogger

Cara Memasang Meta Description Agar Lebih SEO di Blogger
Masterduck - Banyak sekali trik-trik SEO yang bisa kita lakukan untuk Blog/Web yang kita miliki. Saya pun tidak mengetahui dan menguasai seluruhnya.

Beberapa waktu sebelumnya saya hanya membagikan sebagian kecil trik SEO yang dilakukan pada search engine agar Blog kita cepat terindex oleh search engine tersebut. Ada lagi pengoptimalan SEO yang dilakukan pada Web/Blog-nya sendiri. Setelah kita melakukan langkah-langkah Search Engine Optimization di Google atau di mesin pencari lainya, kita perlu melakukan optimisasi tambahan pada Blog/web-nya sendiri seperti pada Meta Description.

Meta Description adalah bagian dari Meta Tag yang memuat informasi yang berfungsi untuk mendeskripsikan isi sebuah halaman. Meta Description akan ditampilkan sebagai snippet pada hasil pencarian sebuah Search Engine. Jika kita mengoptimalkan Meta Description dengan baik, maka akan menambah kekuatan SEO Blog kita.

Pada pengoptimalan Meta Tag kita harus melakukan Edit HTML pada Blog kita dengan memberikan script tertentu. Namun pada Blogger saat ini untuk mengoptimalkan Meta Description sendiri tidak perlu melakukan Edit HTML. Setelan pada Blogger sendiri memungkinkan kita untuk mengoptimalkan Meta Description dengan mudah.

Untuk Cara Memasang Meta Description di Blogger ini, ikutilah langkah-langkah berikut.

  • Memasang Meta Description pada Blog.
Tahap ini dilakukan untuk memberikan informasi berupa deskripsi pada isi sebuah Blog. Dan untuk dapat melanjutkan ke tahap pemberian Meta Description selanjutnya.
1. Buka Dashboard akun Blogger.
2. Masuk ke bagian Setelan >> Preferensi Penelusuran.
3. Pada bagian Tag Meta >> Deskripsi, klik Edit.
4. Pada Aktifkan Deskripsi Penelusuran?, pilih/klik Ya.
5. Lalu masukan Deskripsi yang tidak perlu panjang yang menceritakan isi dari Blog. Setelah selesai maka klik Simpan Perubahan.

Memasang Meta Description di Blogger

Maka pada hasil pencarian search engine, Blog sobat akan disertai Deskripsi/snippet.

Hasil Pencarian Dengan Meta Description

  • Memasang Meta Description pada posting.
Tahap ini dilakukan untuk memberikan informasi berupa deskripsi pada isi sebuah posting/konten. Syarat utama untuk dapat memasang Meta Description pada posting adalah dengan mengaktifkan dahulu Meta Description pada Blog seperti cara di atas tadi. Selanjutnya kita bisa memasang Meta Description pada posting dengan cara berikut.
1. Buka Dashboard akun Blogger.
2. Masuk ke bagian Daftar Post.
3. Buat posting baru atau Edit posting lama.
4. Pada bagian sebelah kanan maka akan terdapat tambahan panel yaitu Deskripsi Penelusuran.
5. Klik Deskripsi Penelusuran, masukan Deskripsi tentang isi pada posting, Klik selesai.

Memasang Meta Description di Postingan Blogger

Maka pada hasil pencarian search engine, posting ini akan tampil berserta deskripsi.

Hasil Pencarian Artikel Dengan Meta Description

Berikanlah Meta Description setiap kita membuat posting baru. Jika posting lama sudah teranjur tidak dipasang Meta Description, maka Edit-lah satu-persatu dan berikan Meta Description. Bukan hanya posting yang dapat diberikan Meta Description, konten Laman pun bisa kita berikan Meta Description.

Jika sobat telah mengedit posting-posting tersebut, pada hasil pencarian tidak akan langsung berubah dengan beserta deskripsi. Maka setiap sobat telah mengedit posting atau membuat posting baru, lakukanlah Ping Blog ke Google atau search engine lainya untuk memberitahukan bahwa Blog sobat telah di-update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan bertanya sesuai dengan artikel yang telah anda baca diatas.
Link aktif otomatis terseleksi ke SPAMMER.
Alasan komentar anda tidak terjawab adalah OOT atau diluar kemampuan Admin.